• +62 711 354222

PRODI ILMU LINGKUNGAN

Gelar : Doktor (DR)

Ketua Program Studi : Prof. Dr. Nurhayati, M.Si.

Akreditasi "B"

Izin DIkti Nomor 2007/T/D/720

Download : Leaflet


KURIKULUM PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU LINGKUNGAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

TAHUN 2019

 

A.  Visi

Menjadi program doktor yang terkemukan dan unggul dalam mengembangkan ilmu, mengelola riset, dan memecahkan masalah- lingkungan lahan basah secara multidisiplin, interdisiplin dan transdisiplin.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Doktor yang berkualitas dan professional dalam bidang ekosistem lahan basah.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru melalui riset inovatif dengan pendekatan multidisiplin, interdisiplin dan transdisiplin dalam bidang kajian ekosistem lahan basah
  3. Melakukan pengabdian untuk memecahkan masalah-masalah lingkungan hidup di bidang ekosistem lahan basah secara multidisiplin, interdisiplin dan transdisiplin.
  4. Mengembangkan kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk memecahkan permasalahan lingkungan secara multidisiplin,interdisiplin dan transdisiplin.
  • Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan/sumberdaya manusia yang memiliki keahlian yang kompeten serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang ekosistem lahan basah.
  2. Menghasilkan lulusan/ sumberdaya manusia yang mampu melakukan dan memimpin penelitian kreatif, original dan teruji secara komprehensif dan terpadu dalam bidang ekosistem lahan basah
  3. Menghasilkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara proaktif, konprehensif dan terpadu dalam memecahkan permasalahan lingkungan hidup dalam bidang ekosistem lahan basah di masyarakat.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama yang berkelanjutan dan saling menguntungkan untuk memecahkan permasalahan lingkungan secara proaktif, komprehensif dan terpadu dalam bidang ekosistem lahan basah di masyarakat.
  • Sasaran

      Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan mempunyai sasaran sebagai berikut:

  1. Meningkatkan jumlah lulusan sumberdaya manusia yang memiliki keahlian yang kompeten serta mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang ekosistem lahan basah.
  2. Meningkatkan jumlah lulusan sumberdaya manusia bergelar doktor yang mampu melakukan dan memimpin penelitian kreatif, original dan teruji secara komprehensif dan terpadu dalam bidang ekosistem lahan basah.
  3. Meningkatkan publikasi tentang penerapan iptek lingkungan secara proaktif, komprehensif dan terpadu dalam  memecahkan lingkungan hidup dalam bidang ekosistem lahan basah dan masyarakat.
  4. Meningkatkan kerjasama pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memecahkan permasalahan lingkungan secara multidisiplin, interdisiplin dan transdisiplin.
  5. Meningkatkan kerjasama yang berkelanjutan dan saling menguntungkan untuk memecahkan permasalahan lingkungan secara secara proaktif, komprehensif dan terpadu dalam bidang lahan basah di masyarakat baik secara nasional maupun internasional.

 

  • Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan PPs Universitas Sriwijaya adalah :

  1. Manager
  2. Komunikator dan fasilitator pengembangan masyarakat lahan basah
  3. Konsultan, peneliti, dan akademisi.
  4. Perumus kebijakan lingkungan

yang memiliki potensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut:

  • Sikap
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa bertanggung jawab pada negara dan bangsa
  4. Taat Hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  5. Menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika akademik
  •  Pengetahuan
  1. Mampu dan bertanggungjawab dalam penerapan ilmu dan teknologi untuk Mengenali, mendeteksi, mengidentifikasi serta menganalisis permasalahan lingkungan di lahan basah dan merumuskan solusi yang tepat.
  2. Mampu menerapkan dan memadukan iptek ilmu lingkungan lahan basah yang antisipatif dan proaktif serta kearifan lokal untuk mitigasi dampak lingkungan pada industri dan wilayah setempat.
  3. Mampu menerapkan iptek modern dan kearipan lokal untuk mengenali, mengidentifikasi dan memanfaatkan sumberdaya alam dan lingkungan di lahan basah.
  4. Mampu menerapkan iptek modern dan kearifan lokal untuk mengatasi masalah kesehatan yang disebabkan/dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan prilaku masyarakat di wilayah lahan basah
  • Keterampilan
  1. Mampu merencanakan, memanfaatkan, dan mengevaluasi alokasi sumberdaya alam, manusia, modal, dan sosial untuk meningkatkan optimalisasi pemanfaatn lingkungan lahan basah secara inovatif dan menciptakan nilai tambah.
  2. Mampu berwiraswasta dan menciptakan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lain.
  3. Mampu berkomunikasi dan bernegosiasi secara efektif dengan pemangku kepentingan dalam pengelolaan dan pengembangan sumberdaya alam dan lingkungan pada lahan basah.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Untuk memenuhi kompetensi tersebut maka disusun capaian belajar (Learning Outcome) lulusan PS. Doktor Ilmu Lingkungan dibagi dalam aspek berikut: