• +62 711 354222

Gelar :
- Magister Sains (M.Si.)

Ketua Program Studi :
Dr. Agustina Hanafi, M.B.A

 Izin Penyelenggaraan Dikti

No. 227/D/O/2010

Akreditasi B

SK BAN-PT terakreditasi B

SK No. 276/SK/BAN-PT Akred/M/VII/2014

Website :ppsmagisterimfeunsri.com

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 

VISI DAN MISI

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU MANAJEMEN (S2)

Visi

“Visi Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya adalah sebagai wadah untuk menghasilkan tenaga professional di bidang manajemen dan bisnis, yang memiliki basis keilmuan yang kuat, jiwa kewirausahaan dan kemampuan memanfaatkan kemajuan iptek dengan dilandasi oleh nilai-nilai etika dan moral yang tinggi  sesuai dengan tuntutan era globalisasi dan menjadi insanI berkualitas, ilmiah dan imani berdaya saing global 2025.”

 Misi

  1. Menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualifikasi Magister dan Doktor yang berkualitas ilmiah dan imani berdaya saing global.
  2. Membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Menghasilkan penelitian dengan kualitas nasional dan internasional
  4. Menciptakan kerjasama internasional dalam bidang riset.
  5. Menciptakan kerjasama internasional untuk mewujudkan magister berkualitas global
  6. Mewujudkan Universitas Sriwijaya sebagai Universitas Riset pada tahun 2020

 

Staf Pengajar :

Kualifikasi Pendidikan Doktor :

  1. Dr. Badia Perizade, M.B.A.
  2. Dr. Diah Natalisa, M.B.A.
  3. Syamsurijal AK, Ph.D.
  4. Dr. Sulastri, M.E., M.Kom.
  5. Dr. Taufiq, M.Si.
  6. Dr. Mohamad Adam., SE., ME
  7. Agustina Hanafi, MBA
  8. Zakaria Wahab, MBA
  9. Isnurhadi, MBA., Ph.D.
  10. Bambang Bemby Soebyakto, MA.,Ph.D
  11. Hj. Zunaidah., SE., M.Si
  12. Suhel., SE., M.Si
  13. Hj. Sa’adah Yuliana., SE., M.Si
  14. Azwardi., SE.,M.Si
  15. Marlina Widiyanti,SE.,SH.,MM.,Ph.D
  16. Yuliani, SE, MM
  17. Isni Andrian., SE., M.Fin., Ph.D
  18. Anna Yulianita., SE., M.Si
  19. Muchsin Saggaf Shihab., MBA., Ph.D
  20. Muhammad Yusuf., SE., M.Si., Ph.D

 

KURIKULUM DAN SINOPSIS MATA KULIAH

PROGRAM S2 PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

 

Semester

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

I

EKO 50115

Ekonomi Mikro

3

EKM 50115

Analisis Kuantitatif Untuk Bisnis

3

EKM 50215

Manajemen Sumber Daya Manusia

3

EKM 50315

Manajemen Pemasaran

3

Jumlah SKS Semester I

12

II

EKO 50215

Ekonomi Makro

3

EKO 50315

Metodologi Penelitian

3

EKM 50415

Manajemen Keuangan

3

EKM 60115

Statistika

3

Jumlah SKS Semester II

12

III

EKM 60215

Manajemen Stratejik

3

 

Mata Kuliah konsentrasi I

3

 

Mata Kuliah konsentrasi II

3

 

Mata Kuliah konsentrasi III

3

Jumlah SKS Semester III

12

IV

PEK 69715

Proposal Tesis

1

PEK 69915

Tesis

6

Jumlah SKS Semeter IV

7

Jumlah Total SKS

43

 

Mata Kuliah Bidang Kajian Utama (BKU) Manajemen :

 

NO.

BKU

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

Manajemen SDM

EKM 60315

Perilaku Keorganisasian

3

 

 

EKM 60415

Pengembangan Keorganisasian

3

 

 

EKM 60915

Management Total Quality

3

2

Manajemen Pemasaran

EKM 60515

Pemasaran Jasa

3

 

 

EKM 60615

Perilaku Konsumen

3

 

 

EKM 61015

Brand Management

3

3

Manajemen Keuangan

EKM 60715

Manajemen Keuangan Global

3

 

 

EKM 60815

Manajemen Portofolio

3

 

 

EKM 61115

Manajemen Pasar Modal

3

 

 

Sinopsis Mata Kuliah

Program Studi Magister Ilmu Manajemen (S2)

 

EKO  50115  Ekononli Mikro                                              3 SKS

Target  utama  dalam  kuliah  ini  adalah  menjelaskan  dasar-dasar  dan  topik-topikyang  berhubungan  dengan teori  mikro  yang sudah  mapan  (traditional  models),  sertaperkembangan  terakhir  (intermediate  models)  dengan  alat  analisis  yang  sederhana,yaitu  kalkulus  dan aljabar  linier.  Pembahasan  diarahkan  pada pendalaman analisispilihan  konsumen,  teori  perusahaan,  struktur  pasar,  penetapan  harga  produk  danfactor produksi  dalam  berbagai  struktur  pasar  game  theory,  perkembangan  teori  ekonomimikro dan  welfare  economics.

 

EKO  50215  Ekonomi Makro                                             3  SKS

Mata  kuliah  ini  diarahkan  untuk  mempelajari perkembangan  baru dalam  teoriekonomi makro.  Penekanan  kepada  penggunaan  model-model  ekonomi denganmenggunakan  pendekatan  matematika ekonomi  dalam  mempelajari  berbagaipermasalahan  ekonomi  makro.  Topik  yang dibahas  antara  lain:  model  ekonomikonsumsi, pasar  barang,  uang,  pasar  tenaga  kerja  dan  pertumbuhan.

 

EKO  50315  Metodologi Penelitian                                  3 SKS

Mata kuliah  memberikan pengertian  dan  pemahaman  mengenai  konsep  dasar,langkah-langkah  metode  ilmiah,  dan  aplikasi metodologi  penelitian  ilmu  ekonomi dalamkegiatan penelitian.  Materi  kuliah  mencakup: proses  menemukan  fenomena  yangMelatarbelakangi  perumusan  masalah,  tujuan,  dan kegunaan  penelitian;  fungsi  teoridan hipotesis  dalam penelitian;  operasionalisasi  variabel  penelitian,  penentuanindikator  dan  pengukurannya;  rancangan  pengambilan  sampel  dan  pengumpulan  data;pengolahan,  interpretasi  dan analisis  data  sebagai  bahan  untuk  penulisan  laporan  hasilpenelitian,  penyimpulan  dan  rekomendasi.  Mahasiswa  diharapkan  mulai  merencanakanpenyusunan  proposal  penelitian  untuk  tesisnya  pada  waktu  mengambil  kuliah  ini,  dandapat  selesai pada waktu  kuliah  berakhir.

 

EKM  50115  Analisis Kuantitatif Untuk Bisnis               3 SKS

Mata  kuliah  ini  merupakan  mata kuliah  yang  membahas  tentang  metode dalampengambilan  keputusan  berdasarkan angka-angka.  Tujuan  dari mata kuliah  ini  adalahmembekali  mahasiswa  dengan  seperangkat  metode kuantitatif  dalam  menganalisisberbagai  persoalan  yang  berhubungan  dengan  kegiatan  perusahaan  pada khususnyadan kegiatan  ekonomi  pada umumnya,  dengan  menggunakan  berbagai  teori  yangsifatnya  kuantitatif  seperti: Teori  Matematika  Ekonomi,  Teori  Statistika,  dan  TeoriProgram  Linear.  Diharapkan  dengan mendapatkan  mata kuliah  ini  mahasiswa  akanmampu  memahami,  memformulasi  dan  mengaplikasikan  berbagai  metode  tersebutdalam  menganalisis  kejadian-kejadian  empiris.

 

EKM 50215   Manajemen Sumber Daya Manusia            3 SKS

Menjajaki berbagai teori serta praktek administrasi personalia dengan merujuk terutama pada pendekatan diagnosis, mengaitkan dengan kondisi eksternal.Penetapan sasaran dan upaya-upaya yang diperlukan unuk mencapai sasaran sumber daya manusia dengan pembahasan fungsional operative manajemen sumber daya manusia pada masalah rekruitmen, retensi, system insentif dan perencanaan serta pengembangan sumber daya manusia.

EKM  50315  Manajemen Pemasaran                                3 SKS

Strategi pemasaran meliputi perencanaan produk, penetapan harga, saluran distribusi dan penelitian pasar, system distribusi, meliputi struktur dan pelaksanaan distribusi; manajemen penjualan, meliputi organisasi penjualan, strategi personal selling, seni menjual, analisis konsumen dan penelitian pasar, mencakup metode penelitian pasar dan penggunaan hasil penelitian pasar; pembelian, meliputi perencanaan dan proses pembelian; studi kasus.

 

EKM  50415  Manajemen Keuangan                                 3 SKS

Membahasa konsep dan kontroversi dari baiaya modal, penetuan struktur modal, dividend an nilai perusahaan, permintaan perusahaan bagi alokasi modal dan pasar modal.

 

EKM 60115   Statistika                                                        3 SKS

Mata Kuliah ini memebrikan kepada para mahasiswa pengetahuan dan keterampilan membaca dan mengaplikasikan statistic deskriptif, inferensial, dan multivariate; baik yang bersifat linear maupun non-linear dalam pengelohan dan analisis data.

 

EKM  60215  Manajemen Strategik                                   3 SKS

Setiap perubahan atau organisasi memerlukan arahan dasar yang menyeluruh dalam kehidupan perusahaan.Arahan dasar ini harus dirumuskan dan dilaksanakan sebagai pedoman. Arahan dasar ini selanjutnya akan menjadi pengikat semua kegiatan perusahaan. Perumusan dan pelaksanaan arahan dasar ini dibahas dalam mata kuliah manajemen strategic.Pembahasan mencakup analisis terhadap faktor-faktor eksternal dan insternal yang memepengaruhi perumusan, implimentasi stategi perusahaan atau organisasi. Selanjutnya, dibahas proses monitoring dan evaluasi strategi.

 

EKM  60315  Perilaku Keorganisasian                              3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai perilaku keorganisasian sehingga mahasiswa diharapkan dapat mempunyai kemampuan analisis tentang perilaku individu, kelompok dan sistem organisasi. Pokok bahasan mata kuliah ini adalah konsept perilaku keorganisasian; perilaku individu yang meliputi persepsi dan pengambilan keputusan, niali, sikap, kepuasan kerja, motivasi dan penerapannya; perilaku kelompok yang meliputi dasar-dasar perilaku kelompok, tim kerja, kominikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik, negosiasi dan perilaku antar kelompok tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik negosiasi dan perilaku antar kelompok, system organisasi yang meliputi struktur organisasi, teknologi job design; stress dan budaya organisasi serta dinamika organisasi.

EKM  60415  Pengembangan Keorganisasian                 3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang harus diketahui untuk menjadi seorang yang akan berperan sebagai praktisi dalam bidang pengembangan prganisasional. Dalam mata kuliah ini, secara rinci akan dibahas skill yang harus dimiliki dalam pengembangan organisasional. Materi mencakup antara lain : pendekatan untuk mengembangkan suatu collaborative organization, langkah-langkah yang diperlukan dalam penandatanganan (Scouting, entry and contracting), berbicara dengan klien, pengumpul data, pengembangan kelompok yang berorientasi pada kosensus dan pengembangan hubungan kolegial.

 

 

EKM  60515  Pemasaran Jasa                                            3 SKS

Mata Kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan manajemen di bidang pemasaran jasa seperti : bisnis perbankan, asuransi, dan property hingga diharapkan para mahasiswa mempunyai kemampuan dalam memahami proses dan fungsi manajemen bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini adalah : pengertian pemasaran jasa. Sistem pemasaran jasa, Perilaku konsumen jasa, Strategi komunikasi.Sistem penyampaian jasa dan strategi komunikasi.Sistem penyampaian jasa dan strategi peningkatan kualitas jasa.

 

EKM  60615  Perilaku Konsumen                                      3 SKS

Mata kuliah ini diharapkan dapat membekali mahasiswa mengenai konsep perilaku konsumen dalam konteks pemasaran. Mendiskusikan masalah-masalah (issues) secara luas yang berkenaan dengan perilaku konsumen, ditinjau dari adanya perubahan dalam lingkungan pemasaran.Selain itu mahasiswa juga diberikan current issues dengan contoh-contoh kasus yang ada di Indonesia. Membahas teknik-teknik dalam meneliti perilaku konsumen yang ditinjau dari berbagai aspek.Untuk menelaah implikasi marketing mix seperti produk, harga, distribusi dan komunikas pemasaran yang dapat mempengaruhi perilaku beli konsumen.

 

EKM  60715  MANAJEMEN KEUANGAN GLOBAL        3 SKS

Membahas mengenai masalah-masalah manajemen resiko.Pertukaran mata uang asing dalam pendanaan impor-ekspor.Juga dibahas mengenai keputusan-keputusan investasi asing jangka panjang.Evaluasi terhadap investasi asing, termasuk mengenai pelaksanaannya dan pengawasannya.

 

EKM  60815  MANAJEMEN PORTOFOLIO                     3 SKS

Menjelaskan konsep-konsep mengenai pemebentukan portofolio yang optimal dari berbagai instrument investasi yang tersedia pada pasar uang dan pasar modal.Pada mata kuliah ini diberikan wawasana mengenai teori-teori investasi.

 

EKM  60915  TOTAL QUALITY MANAGEMENT            3 SKS

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa sebagai salah satu pendekatan dalam menjalankan ususlan agar memiliki daya saing guna memperbaiki secara terus menerus terhadap kwalitas produk, jasa, manusia dan proses

EKM  61015  BRAND MANAGEMENT                             3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa bagaimana mengelola merk secara efesien pada kondisi pasar global saat ini sehingga tercapai daya saing.

 

EKM  61115  MANAJEMEN PASAR MODAL                  3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan memberikan konsep-konsep pengelolaan pasar modal perusahaan yang dapat digunakan didalam proses penentuan kebijaksanaan modal kerja dalam kegiatan bisnis yang meliputi perencanaan, penggunaan dan alokasi, serta pengendalian modal kerja secara efektif dan efisien dengan tujuan memaksimalkan laba perusahaan dalam jangka panjang.

 

 

EKO  69715  PROPOSAL TESIS                                       3 SKS

Proposal tesis merupakan rencana penelitian dan penulisan tesis yang wajib dikerjakan oleh seluruh mahasiswa PSIM.Penyusunan proposal tesis di bawah bimbingan dan pengarahan dosen pembimbing dan dapat dilakukan segera setelah dikeluarkannya SK pembimbing oleh PPS Unsri.Mahasiswa PSIM diwaijibkan untuk melakukan ujian proposal tesis selambat-lambatnya pada akhir semester V. Ujian proposal tesis diselenggarakan oleh Program Studi dan dapat dilaksanakan setelah disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program Studi.Ujian proposal tesis dilaksanakan secara terbuka dan dapat dihadiri oleh umum.Mahasiswa wajib untuk melakukan ujian proposal kembali jika gagal dalam ujian sebelumnya setelah melakukan perbaikan dan disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program studi.

 

EKO  69915  TESIS                                                             3 SKS

Tesismerupakan karya akhir mahasiswa dan wajib dikerjakan oleh seluruh mahasiswa PSIM. Setelah lulus ujian proposal dan membuat matrik perbaikan yang disepakati oleh pembimbing dan tim penguji, maka mahasiswa diizinkan untuk melakukan penelitian. Mahasiswa PSIM diwajibkan untuk melakukan ujian tesis selambat-lambatnya pada semester VIII (Delapan).Ujian tesis diselenggarakan oleh Program Studi dan dapat dilaksanakan setelah disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program Studi.Ujian tesis dapat dilaksanakan secara terbuka dan dihadiri oleh umum.Mahasiswa wajib untuk melakukan ujian tesis kembali jika gagal dalam ujian tesis sebelumnya setelah disetujui oleh pembimbing dan ketua program studi.