• +62 711 354222

Gelar :Magister Sains (M.Si.)

Ketua Program Studi :
Ir. Muhammad Yazid, M.Sc., Ph.D.

Download Leaflet : Leaflet Agribisnis

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


LATAR BELAKANG

Program Studi Magister Agribisnis sebagai program pendidikan Strata 2 (S2) dengan gelar Magister Sains (M.Si) mulai beroperasi sejak tahun ajaran  1996/1997, dengan ijin penyelenggaraan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 470/Dikti/Kep/1995. Pada awal pendirian porgram studi ini hanya memiliki 2 bidang kajian utama (BKU), yaitu BKU Agribisnis dan BKU Agroindustri.  Sejak tahun 2009, jumlah BKU program studi dikembangkan menjadi 5 BKU, yaitu BKU Manajemen Agribisnis, BKU Ekonomi Agribisnis, BKU Manajemen Keteknikan Pertanian, BKU Ilmu dan Teknologi Pangan, dan BKU Teknologi Industri Pertanian. Tujuan pengembangan BKU tersebut adalah untuk memberikan fokus spesialisasi iptek kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di Program Studi Agribsnis.

 

V I S I

Visi Program Studi Magister (S2) Agribisnis adalah menjadi lembaga pendidikan magister dan keilmuan agribisnis dan agroindustri yang unggul berbasis sumberdaya dan kearifan lokal tahun 2025.

 

M I S I

  1. Mendidik dan membina sumberdaya manusia untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terampil mengkaji dan menemukan solusi permasalahan pembangunan bidang agribisnis dan agroindustri berbasis sumberdaya dan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan;
  2. Mengembangkan dan mentransformasi ilmu pengetahuan dan teknologi agribisnis dan agroindustri untuk partisipasi aktif dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia;
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi agribisnis dan agroindustri sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat untuk mencapai kehidupan yang terpandang di tengah pergaulan nasional dan internasional.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan stakeholders (pemangku kepentingan), lembaga nasional dan internasional.

 

Tujuan

Tujuan Program Studi Agribisnis adalah memperjuangkan agar program studi ini menjadi unggulan sebagai pusat pendidikan akademik agribisnis dan agroindustri dengan upaya sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu memahami, menganalisa dan menyusun rencana pengembangan agribisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing, mengembangkan konsep baru serta melakukan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmunya secara professional.
  2. Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi agribisnis dan agrondustri.
  3. Menjalin kerjasama yang produktif dan sinergis dengan stakeholder untuk pengembangan usaha agribisnis dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

 

Sasaran Program Studi

  1. Meningkatnya daya saing dan karir lulusan dalam dunia kerja dan usaha melalui terwujudnya proses belajar dan mengajar yang efisien dan efektif;
  2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dosen dan lulusan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan teknologi bidang agribisnis dan agroindustri dan meningkatnya publikasi hasil-hasil penelitian bidang agribisnis dan agroindustri;
  3. Meningkatnya peran serta dosen dan mahasiswa dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembelajaran, pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi;
  4. Adanya masyarakat binaan yang menjadi percontohan penerapan ilmu dan teknologi bidang agribisnis;
  5. Meningkatnya kerjasama dosen dan mahasiswa dengan pihak luar dalam bidang agribisnis dan agroindustri yang proaktif dan sinergis.

 Dosen

  1. Dr. Ir. Imron Zahri, M.S.
  2. Ir. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc., Ph.D.
  3. Fauziah Asyiek, M.A., Ph.D.
  4. Dr. Ir. Basuni Hamzah, M.Sc.
  5. Ir. Marwan Sufri, M.Si.
  6. Ir. Maryati M. Hakim, M.Si.
  7. Ir. Laila Husin, M.Sc.
  8. Dr. Ir. Sriati, M.S.
  9. Ir. Amruzi Minha, M.S.
  10. Ir. Gatot Priyanto, M.S.
  11. Ir. Najib Asmani, M.Si.
  12. Dr. Ir. Daniel Saputra, MSA.Eng.
  13. Dr. Ir. Rindit Pambayun, M.P.
  14. Dr. Ir. Andy Mulyana, M.Sc.
  15. Ir. Parwiyanti, MP.
  16. Ir. Umi Rosidah, MS.
  17. Ir. Tri Wardani Widowati, MP.
  18. Ir. Hersyamsi, M. Agr.
  19. Nura Malahayati, M.Sc., Ph.D
  20. Ir. Elisa Wildayana, M.Si.
  21. Ir. Idham Alamsyah, M.Si.
  22. Ir. Edward Saleh, M.S.
  23. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc.
  24. Muhammad Yazid, M.Sc, Ph.D.
  25. Ir. Tri Tunggal, M.Agr.
  26. Dr. Ir. Hasbi, M.Si.
  27. Dr. Ir. Amin Rejo, M.P.
  28. Dr. Ir. Tamrin Latief, M.Si
  29. Ir. Maryadi, M.Si.
  30. Dr. Ir. Filli Pratama, M.Sc.
  31. Ir. Anny Yanuariati, M.Appl.Sc.
  32. Ir. M. Yamin, M.P.
  33. rer.nat. Agus Wijaya, M.Si.
  34. Ir. Lifianti, M.Si.
  35. Riswani, S.P., M.Si.
  36. Yunita, S.P., M.Si.
  37. Dessy Adriani, S.P., M.Si.
  38. Budi Santoso, S.TP., M.Si.