• +62 711 354222

Program Studi Agribisnis

Gelar :Magister Sains (M.Si.)

Ketua Program Studi :
Prof. Dr. Ir. Andy Mulyana, M.Sc

Download Leaflet : Leaflet Agribisnis

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


LATAR BELAKANG

Universitas Sriwijaya sebagai lembaga pendidikan tinggi, mengemban misi untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan dan penghidupan masyarakat serta memperkaya kebudayaan nasional. Sejalan dengan itu, Universitas Sriwijaya senantiasa berusaha meningkatkan aktivitas akademiknya melalui tridharma perguruan tinggi.
Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya sejak tahun 1996 telah melaksanakan Program Magister Agribisnis (S2) dengan gelar Magister Sains (M.Si) untuk Bidang Kajian Utama (BKU) Agribisnis dan BKU Agroindustri. Sejak tahun 2002 juga telah melaksanakan Program Doktor (S3) untuk kedua BKU tersebut. BKU Agribisnis memfokuskan pada kegiatan pabrikasi, distribusi sarana, dan kegiatan produksi pertanian, serta penyimpanan, pengelolaan, dan distribusi komoditas pertanian. BKU Agroindustri memfokuskan pada kegiatan pengelolaan industri pertanian yang mengolah bahan baku yang berasal dari tanaman dan atau hewan. Pengolahan mencakup transformasi dan pengawetan melalui perekayasaan fisik, kimiawi, bioteknologi, penyimpanan, pengemasan, dan distribusi dari hasil-hasil pertanian dalam arti yang luas.

 

V I S I

Visi Program Studi Agribisnis adalah menjadi lembaga pendidikan Magister dan keilmuan agribisnis yang kompeten bagi masyarakat sehingga mampu memecahkan masalah, meraih peluang dan menjawab tantangan dalam lingkup agribisnis dan agroindustri

 

M I S I

  1. Membina dan mendidik sumber daya manusia agar mampu dan terampil mengkaji dan menemukan solusi permasalahan pembangungan bidang agribisnis dan agroindustri yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  2. Mengembangkan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi pembangunan agribisnis dan agroindustri untuk partisipasi aktif dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa dan umat manusia.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi agribisnis dan agroindustri sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat untuk mencapai kehidupan yang terpandang di tengah pergaulan nasional dan antar bangsa

 

Tujuan

 

Tujuan Program Studi Agribisnis adalah memperjuangkan agar program studi ini menjadi unggulan sebagai pusat pendidikan akademik agribisnis dan agroindustri dengan upaya sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu memahami, menganalisa dan menyusun rencana pengembangan agribisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing, mengembangkan konsep baru serta melakukan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmunya secara professional.
  2. Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi agribisnis dan agrondustri.
  3. Menjalin kerjasama yang produktif dan sinergis dengan stakeholder untuk pengembangan usaha agribisnis dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

 

Sasaran Program Studi

  1. Meningkatkan mutu proses belajar-mengajar dengan menerapkan manajemen mutu total pada setiap perkuliahan.
  2. Memadai dan meningkatkan sarana, prasarana dan pelayanan kepada sivitas akademika, termasuk pelayanan perpustakaan, laboratorium, administrasi, kenyamanan ruang kelas dan sarana penunjang lainnya.
  3. Meningkatkan peran serta dosen dan mahasiswa dalammelakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembelajaran, pengembangan dn penerapan ilmu dan teknologi.
  4. Meningkatkan aksesibilitas pihak luar melaui kerjasama yang proaktif, publikasi hasil-hasil penelitian, disertai dengan penerapan sistem pengelolaan yang transparan.

 

  1. Prof. Dr. Ir. Zainal Ridho Djafar
  2. Prof. Dr. Ir. Benyamin Lakitan, M.Sc.
  3. Prof. Dr. Ir. M. Edi Armanto
  4. Prof. Dr. Ir.Ali Yasmin A. Wiralaga, M.Sc.
  5. Prof. Dr. Ir. Dedik Budianta, M.S.
  6. Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, M.Si.
  7. Prof. Dr. Ir. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc.
  8. Prof. Dr. Ir. Daniel Saputra, M.Sc.
  9. Prof. Dr. Ir. Filli Pratama, M.Sc.
  10. Prof. Dr. Ir. Andy Mulyana, M.Sc.
  11. Prof. Dr. Ir. Amin Rejo, M.P.
  12. Prof. Dr. Ir. Nuni Gofar, M.S.
  13. Prof. Dr. Ir. Robiyanto H. Susanto, M.Agr.Sc.
  14. Dr. Ir. Abdul Halim PKS, M.S.
  15. Dr. Ir. Abdul Madjid Rochim, M.S
  16. Dr. Ir. Agus Wijaya
  17. Dr. Ir. A. Muslim, M.Agr.
  18. Dr. Ir. Adipati Napoleon, M.S.
  19. Dr. Ir. Andi Wijaya
  20. Dr. Ir. Phil Arinafril, M.Sc.
  21. Dr. Ir. Chandra Irsan, M.P.
  22. Dr. Ir. Dwi Putro Priadi, M.Sc.
  23. Dr. Ir. Dwi Setyawan, M.Sc.
  24. Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc.
  25. Dr. Ir. Renih Hayati, M.Sc.
  26. Dr. Ir. E.S. Halimi, M.Sc.
  27. Dr. Ir. Erizal Sodikin
  28. Dr. Ir. KartiniM. Deroes, M.Sc.
  29. Dr. Ir. Kemas A.Hanafiah, M.S.
  30. Ir. Marsi, M.Sc., Ph.D.
  31. Dr. Ir. Mery Hasmeda, M.Sc.
  32. Dr. Ir. Mulawarman, M.Sc.
  33. Dr. Ir. Momon Sodik Imanuddin, M.Sc.
  34. Dr. Ir. M. Umar Harun, M.S.
  35. Dr. Ir. Munandar, M.Agr.
  36. Dr. Ir. Nurhayati, M.S.
  37. Dr. Ir. Laila Husin, M.Sc.
  38. Dr. Ir. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr.
  39. Ir. Sabaruddin, M.Sc., Ph.D.
  40. Dr. Ir. Siti Masreah Bernas, M.Sc.
  41. Dr. Ir. Suparman SH Kusuma
  42. Dr. Ir. Yakup, M.S.
  43. Dr. Ir. Yernelis Syawal, M.S.
  44. Dr.Ir. Yulia Pujiastuti, M.S.
  45. Dr. Ir. Zaidan P. Negara, M.Sc.