Deskripsi Mata Kuliah

SEMESTER I

DKP5101-FILSAFAT ILMU KEPENDUDUKAN-3 SKS

Mata kuliah Filsafat bertujuan untuk menjabarkan batasan makna (Ontologi Epistemologi-Aksiologi), Ilmu Pengetahuan Ilmiah, Sumber Kebenaran dan Kesalahan, Epistemologi dan Metodologi, tiga macam konsepIlmu, Paham Kausalitas, Paham Reputasi, dan Paham Etika Keilmuan, Dalil berdasar Teoritis dan Dalil berdasar Empiris, Deduksi dan Induksi, Validitas, Akurasi dan Reliabilitas, Logical Fallacy serta akar atau asal muasal timbulnya ilmu kependudukan.

DKP5102-FERTILITAS DAN KESEHATAN REPRODUKSI-3 SKS (2-1)*

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor fertilitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Analisis tersebut digunakan untuk mencari solusi dan rekomendasi kebijakan tentang fertilitas. Rendahnya fertilitas dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu demografi dan non demografi. Faktor demografi, meliputi struktur umur, status, perkawinan, umur kawin pertama, paritas, disrupsi perkawinan, dan proporsi yang kawin. Adapun faktor non demografi, antara lain keadaan ekonomi penduduk, tingkat pendidikan, perbaikan status perempuan, urbanisasi, dan industrialisasi. Variabel tersebut dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap fertilitas. Variabel yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi, berupa kondisi keamanan sosial dan fisik, dan keseteraan gender dalam seksualitas. Perlu adanya keseimbangan untuk mencapai dan mempertahankan kesehatan seksual dan mengelola kehidupan reproduksi penduduk. Hubungan yang seimbang antara laki-laki dan perempuan dalam hal seksual dan reproduksi, termasuk rasa hormat yang penuh terhadap integritas jasmani manusia.

DKP5103-MORTALITAS DAN MORBIDITAS-3 SKS (2-1)*

Mata kuliah ini bertujuan mempelajari penyebab terjadinya mortalitas dan ukuran jumlah kematian (secara umum atau karena akibat yang spesifik) pada suatu populasi. Besar kecilnya tingkat kematian dapat diidentifikasi sebagai petunjuk atau indikator bagi tingkat kesehatan dan tingkat kehidupan penduduk di suatu wilayah. Morbiditas dalam arti sempit adalah sebagai peristiwa sakit atau kesakitan. Adapun pengertian secara luas mencakup hal yang kompleks, tidak saja terbatas pada statistik atau ukuran tentang peristiwa tersebut, melainkan juga faktor yang mempengaruhi, seperti faktor sosial, ekonomi, dan budaya. Ukuran kematian merupakan angka atau indeks yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan tinggi rendahnya tingkat kematian suatu penduduk. Ada berbagai macam ukuran kematian, mulai dari yang paling sederhana sampai yang cukup kompleks. Namun demikian, keadaan kematian suatu penduduk tidaklah dapat diwakili hanya oleh suatu angka tunggal saja. Biasanya berbagai macam ukuran kematian digunakan sekaligus untuk mencerminkan ukuran kematian penduduk secara keseluruhan. Ukuran morbiditas digunakan sebagai dasar untuk menentukan tinggi rendahnya tingkat kesakitan dan kematian suatu komunitas penduduk. Angka kematian dan angka kesakitan digunakan untuk menggambarkan pola penyakit yang terjadi di masyarakat. Adapun manfaat mengetahui angka kesakitan dan kematian ini adalah indikator yang digunakan sebagai ukuran derajat kesehatan untuk melihat status kesehatan penduduk dan keberhasilan palayanan kesehatan serta upaya pengobatan yang dilakukan.

DKP5104-MIGRASI PENDUDUK-3 SKS (2-1)*

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan, peningkatan kemampuan, dan keterampilan terhadap migrasi sehingga mahasiswa mampu menganalisis penyebab dan menemukan solusi dalam menghadapi permasalahan dalam migrasi. Akhirnya mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilannya di bidang kependudukan terutama menyangkut migrasi kependudukan.



SEMESTER II

DKP5205-PENDUDUK DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN-2 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis keterkaitan antara penduduk dengan pembangunan serta mempelajari kebijakan yang ada untuk mengkritisi agar ada upaya perbaikan baik penduduk secara kuantitas maupun kualitas. Kependudukan merupakan isu sentral yang sangat strategis dalam kerangka pembangunan nasional dengan kata lain penduduk adalah subjek sekaligus objek dari pembangunan, khususnya terhadap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi atas kebijakan pembangunan yang dilaksanakan. Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan kualitas penduduk dalam rangka mempercepat proses pembangunan.

DKP5206-TEKNIK DEMOGRAFI-3 SKS(2-1)**

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa melalui pemahaman konsep pengukuran dan parameter demografi, seperti angka fertilitas, mortalitas, migrasi, dan proyeksi penduduk. Mahasiswa mampu memanfaatkan Life Table dan menerapkannya di kondisi nyata dalam pembangunan. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan teknis dalam mentransformasi data observasi peristiwa demografi (kelahiran, kematian, migrasi, dan lain sebagainya) ke dalam informasi aplikatif dalam pembangunan.

DKP5207-METODE PENELITIAN KEPENDUDUKAN-3 SKS(2-1)**

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mengetahui dan dapat mengaplikasikan proses penelitian secara keseluruhan dengan metode kualitatif maupun kuantitatif. Mahasiswa dapat merumuskan pertanyaan penelitian dan tujuan penelitian, menggunakan teori, merumuskan suatu model konseptual untuk mendefinisikan konsep dan mengoperasionalkan variabel dan konsep, membangun sebuah kuesioner atau pedoman wawancara untuk memilih responden dan informan wawancara.

DKP5208-PERENCANAAN DAN PROYEKSI PENDUDUK-2 SKS

Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memperdalam kajian mahasiswa tentang inti metodologi proyeksi penduduk serta keterampilan praktis dalam menerapkan model proyeksi menggunakan perangkat lunak di komputer. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami dasar-dasar proyeksi penduduk dan menghasilkan proyeksi penduduk. Dalam mata kuliah ini, prinsip-prinsip proyeksi penduduk akan disajikan dan dipraktikkan. Metodologi dasar proyeksi penduduk adalah metode komponen kohort dan model Leslie yang dapat diaplikasikan di komputer. Metode ini diterjemahkan ke dalam formulasi matriks. Model proyeksi ini dapat diletakkan untuk bekerja dengan asumsi menetapkan setiap komponen fertilitas, mortalitas, dan migrasi. Selanjutnya, mahasiswa mampu merumuskan asumsi untuk masing-masing komponen, dan menerapkannya ke dalam model. Pemeriksaan hasil dilakukan melalui penyelesaian proyeksi penduduk dari suatu negara/daerah yang dipilih oleh mahasiswa. Mahasiswa mengatur database masing-masing untuk mempersiapkan proyeksi, membuat asumsi berdasarkan trend masa lalu dari indikator kunci dan penalaran kualitatif, dan membuat proyeksi atas dasar asumsi yang digunakan.

DKP6109-KULIAH KERJA LAPANGAN-1 SKS

Mata kuliah ini merupakan implementasi secara sistematis dan menyinkronkan antara teori-teori yang telah diperoleh di perkuliahan dengan kondisi real baik dunia kerja maupun masyarakat. Program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja lapangan untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

DKP6110-PROPOSAL TESIS-1 SKS

Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menyusun proposal tesis magister kependudukan yang akuntabel (valid dan reliable) sebagai bentuk karya ilmiah berdasarkan referensi format dan normatif serta menggunakan data empiris dan sesuai dengan kaidah metodologi penelitian ilmiah. Adapun deskripsi mata kuliah ini antara lain:

  1. Mengembangkan dan menulis draft bagian pendahuluan penelitian, meliputi aspek, simulasi identifikasi masalah dan latar belakang penelitian, membuat draft masalah dan tujuan penelitian, merumuskan draft judul penelitian, merumuskan draft hipotesis penelitian, dan menguraikan dan membuat kerangka pikir penelitian.
  2. Eksplorasi dan manajemen referensi legal formal, referensi normatif hipotesis, referensi normatif empiris, dan referensi empiris untuk membangun landasan teori/kajian pustaka.
  3. Penulisan draft bagian metodologi penelitian, meliputi mengembangkan dan menulis draft desain penelitian, instrumen, validasi instrumen, pengumpulan data, hingga tahap analisis data.



SEMESTER III

DKP6221-SEMINAR HASIL-1 SKS

Seminar hasil merupakan lanjutan dari kegiatan ujian proposal tesis yang terstruktur dan terjadwal. Fokus dari seminar hasil adalah membahas konsistensi proposal dan hasil penelitian. Seminar hasil merupakan kegiatan kajian ilmiah yang bertujuan untuk melihat konsistensi atau taat azas, sistematika, koherensi secara keseluruhan laporan hasil.

DKP6222-UJIAN TESIS-6 SKS

Ujian tesis merupakan tahap akhir penentuan kelulusan mahasiswa. Ujian tesis ini dapat dilaksanakan apabila telah melakukan perbaikan atas masukan dari para penguji pada saat seminar hasil dan sudah mendapat persejutuan dari penguji. Selain itu, mahasiswa harus sudah melampirkan publikasi ilmiah dan telah memenuhi persyaratan administrasi akademik dan keuangan. Ujian tesis merupakan kegiatan kajian ilmiah yang bertujuan untuk melihat konsistensi atau taat azas, sistematika, koherensi secara keseluruhan laporan hasil penelitian.



MATA KULIAH PILIHAN

DKP6111-KEBIJAKAN KETANGAKERJAAN-2 SKS

Mata Kuliah ini diajarkan untuk memberikan pemahaman tentang Konsep Tenaga Kerja, Angkatan Kerja, Partisipasi Angkatan Kerja menurut Umur dan Jenis Kelamin, Konsep Bekerja dan Tidak Bekerja yang dipengaruhi Faktor Upah, Angka pengangguran, Discourage Worker dan Added Worker, Risky Job, dan Safe Job, dan Utilitas Maksimum. (keterangan: orang akan berkeja pada safe job meskipun upah rendah karena faktor pilihan), (yang dampaknya terhadap kebijakan pembangunan dan sebaliknya).

DKP6112-GENDER DAN PEMBANGUNAN-2 SKS

Mata kuliah bertujuan untuk menelaah akan pemahaman kritis mengenai ketidaksetaraan dan kompleksitas relasi gender dari pengalaman personal dan keseharian, dilanjutkan pada pembakuan kultural, struktural dan politik dalam masyarakat. Menampilkan berbagai studi kasus dan data statistik terkait isu-isu terkini mengenai perempuan dan relasi gender melalui kacamata konsep-konsep dasar kajian dan analisis gender. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami secara mendalam tentang perencanaan dan kebijakan yang berfokus pada proses pembangunan yang mentransformasikan relasi gender dan adanya kesetaraan Gender. Pendekatan kesetaraan gender adalah melihat relasi laki-laki dan perempuan disetiap aspek kehidupan dan pembangunan yang dilihat dari akses, partisipasi, manfaat, dan pengawasan. Pendekatan yang lebih komprehensif untuk menganalisis dan merencanakan kebijakan pembangunan karena mempertimbangkan situasi, kebutuhan dan kepentingan laki-laki dan perempuan. Kesetaraan gender bertujuan melibatkan laki-laki dan perempuan dalam menyikapi permasalahan mereka terkait pembangunan, mereformasi lembaga-lembaga untuk membangun hak-hak dan peluang yang setara serta mendorong perkembangan sosial, ekonomi, budaya, politik dan pemerintahan yang menguatkan kesetaraan gender.

DKP6113-GEOGRAFI KEPENDUDUKAN-2 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam kajian mahasiswa tentang keterkaitan kependudukan di setiap lapisan (level) dan wilayah/tempat tinggal. Mahasiswa dapat menggambarkan variasi geografis dalam tingkatan demografi. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat menganalisis demografi dalam perbedaan geografis. Selain itu, mahasiswa akan dapat memberikan gambaran dari penelitian-penelitian yang ada tentang kerangka konseptual dan perkembangan kependudukan berdasarkan geografi.

DKP6114-KESEJAHTERAAN PENDUDUK–2 SKS

Mata kuliah ini ditujukan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis kesejahteraan penduduk. Kesejahteraan Penduduk merupakan kondisi suatu negara dengan sistem ekonomi besar yang mampu mencukupi kebutuhan penduduk, seperti kesehatan, keamanan, and sumber pangan yang mencukupi, dan pendidikan. Adapun indikator tersebut, diantaranya Pertama, Jumlah dan pemerataan pendapatan. Hal ini berhubungan dengan masalah ekonomi. Pendapatan berhubungan dengan lapangan kerja, kondisi usaha, dan faktor ekonomi lainnya. Tanda-tanda masih belum sejahteranya suatu kehidupan masyarakat adalah jumlah dan sebaran pendapatan yang diterima. Kesempatan kerja dan kesempatan berusaha diperlukan agar masyarakat mampu meningkatkan jumlah pendapatan yang diperoleh. Kedua, pendidikan yang semakin mudah untuk dijangkau. Pengertian mudah di sini dalam arti jarak dan nilai yang harus dibayarkan oleh mereka. Pendidikan dengan biaya murah dan kemudahan akses dapat membantu masyarakat dalam meraih pendidikan setinggi-tingginya. Pendidikan yang tinggi dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Dengan demikian, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak semakin terbuka. Ketiga, kualitas kesehatan yang semakin meningkat dan merata. Kesehatan merupakan faktor untuk mendapatkan pendapatan dan pendidikan. Setiap saat masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang murah dan berkualitas.

DKP6115-KESEHATAN PENDUDUKAN-2 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah kependudukan yang komplek dan komprehensif, di mulai dari rumahtangga dan keluarga sampai negara yang dilihat dari berbagai sisi dan konsekuensinya. Identifikasi masalah dengan pedekatan yang holistic serta analisis pemecahan solusi yang baik dan tepat sasaran. Mata kuliah Kesehatan Kependudukan mempelajari materi dan isu kependudukan terkait pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas, kondisi kesejahteraan dan juga politik, ekonomi, sosial, budaya, agama serta lingkungan. Kemudian terkait hubungan ganda antara kesehatan pada setiap level penduduk. Mata kuliah ini sangat interdisipliner, tidak hanya membahas konsep-konsep secara medis dan demografi kesehatan, tetapi juga secara epidemiologi. Mata kuliah ini menguraikan hubungan yang jelas antara kependudukan dan perencanaan di bidang kesehatan, misalnya hubungan antara mobilitas/migrasi dan kesehatan.

DKP6116-SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI KEPENDUDUKAN-2 SKS

Mata kuliah ini mempelajari hubungan antara individu dan masyarakat, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat. Mata kuliah ini berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris, dan bersifat umum serta mengkaji norma adat kebiasaan tatanan dalam masyarakat serta kultur yang melatarbelakangi pola hubungan masyarakat yang membuat perubahan sturktur dan interaksi penduduk dalam masyarakat tertentu.

DKP6117-SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN -2 SKS

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan keahlian tentang manfaat/kegunaan pentingnya identitas kependudukan dalam suatu wilayah secara legal dan terintegrasi yang komprehensif dalam dinamika kehidupan. Dalam kontennya, mahasiswa diperkenalkan dengan kartu tanda pengenal yang harus dimiliki oleh setiap penduduk berupa kartu identitas dan kegunaan yang dikeluarkan oleh negara, daerah, instansi/organisasi dan lain sebagainya serta kemanfaatannya yang terintegrasi dan komprehensif yang berkaitan dengan berbagai layanan publik terhadap penduduk baik secara struktur, umur, komposisi, gender, dan sebaran penduduk. Mahasiswa dapat menganalisis dengan melakukan perbandingan antara negara, wilayah atau organisasi yang penduduknya memiliki kartu tanda pengenal secara legal yang terintegrasi secara komprehensif yang berlaku dengan baik dengan yang tidak. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa memahami pentingnya kartu indentitas dan kegunaannya bagi penduduk dalam mengakses layanan publik dan berpartisipasi dalam politik.

DKP6118-EKOLOGI KEPENDUDUKAN -2 SKS

Tujuan mata kuliah ini adalah memperdalam kajian mahasiswa pada ukuran dan metode utama yang digunakan dalam analisis demografis. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa membahas probabilitas, laju pertumbuhan penduduk, standarisasi usia, metode dekomposisi, analisis fertilitas, analisis mortalitas, dan analisis migrasi dalam kaitannya dengan lingkungan manusia. Setelah kuliah berakhir, mahasiswa memiliki pemahaman terhadap ide-ide dasar dalam melihat masalah dengan lingkungannya.

DKP6119-HUKUM KEPENDUDUKAN-2 SKS

Materi perkuliahan ini mempelajari Peran Hukum dalam Kependudukan, Administrasi Kependudukan; Pendataan Penduduk, Kebijakan Kependudukan dan membahas Aspek Hukum Kependudukan yang meliputi Pendidikan, Kesehatan, Perkawinan, Ketenagakerjaan, Kewarganegaraan, Lingkungan hidup serta Penataan ruang.

DKP6120-ISU DAN KEBIJAKAN ANAK, REMAJA, PEREMPUAN, DAN LANSIA-2 SKS

Materi perkuliahan ini membahas berbagai problematika tentang anak, remaja, perempuan dan lansia, mengkaji dan menganalisis kebijakan peraturan pemerintah dan kaitanya dengan isu-isu masalah anak, remaja, perempuan dan lansia, seperti UU perlindungan anak, pelecehan seksual, pergaulan bebas, dan narkoba serta perlindungan lansia. Selain itu, mata kuliah ini untuk mengkaji permasalahan penduduk dari struktur usia dengan mengidentifiasi masalah, melihat fluktuasi, memetakan wilayah sebaran masalah, dan menganalisis penyebabnya.