Kompetensi

Lulusan Program Studi Kependudukan Program Magister (S2) Universitas Sriwijaya sebagai tenaga bidang kependudukan, analis, dan peneliti demografi serta konsultan dan penggiat masyarakat yang memiiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai berikut:

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam kemanusiaan dan mutu kehidupan bermasyarakat, bernegara, berkebangsaan, untuk kemajuan peradaban lokal, nasional, dam global berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta bertanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman agama, budaya, dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan benegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik yang ditunjukkan dari sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dan keahlian secara kelompok dan mandiri.

Pengetahuan

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian, memperhatikan dan menerapkan disiplin ilmu sesuai kompetensi, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan”­etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan diterbitkan di jurnal terakreditasi atau bereputasi.
  2. Mampu melakukan kajian kependudukan sesuai bidang keahlian yang dapat menyelesaikan masalah pembangunan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang kependudukan yang menjadi objek penelitian, memposisikannya dalam peta penelitian serta merumuskan alternatif solusinya berdasarkan hasil penelitian dan kajian yang dilakukan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

Keterampilan

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kebijakan untuk menyelesaikan masalah pembangunan kesejahteraan masyarakat.
  2. Mampu menerapkan dan mengembangkan disiplin ilmu untuk perencanaan demografi berkelanjutan.
  3. Mampu berkomunikasi dan bernegoisasi secara efektif dengan stakeholders dalam menyelesaikan masalah demografi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.
  4. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah masyarakat dengan memperhatikan dan menerapkan nilai kemanusiaan berdasarkan hasil kajian analisis atau riset.
  5. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega dan sejawat di lembaga dan komunitas keilmuan yang lebih luas.