Pendidikan Matematika

PRODI ILMU MATEMATIKA

Gelar : Doktor (DR)

Ketua Program Studi : Prof. Zulkardi, Mi.kom., M.Sc.

Sk Menristek Dikti No.121/KPT/I/2016

SK Rektor Unsri No.192/UN9/DT.Kep/2016

Download : Leaflet


KURIKULUM PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN MATEMATIKAFKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016

V I S I

Unggul di level nasional dan mampu berkompetisi secara internasional dalam penelitian bidang pendidikan matematika tahun 2025.

M I S I

Misi Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:

  1. menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam Pendidikan Matematika untuk menghasilkan lulusan yang mampu berfikir kritis untuk memecahkan masalah dalam pendidikan matematika
  2. menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam rangka menemukan konsep/teori baru bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan temuannya pada konferensi nasional/internasional dan jurnal nasional terakreditasi atau internasional bereputasi
  3. menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif sebagai bentuk diseminasi pengembangan dan kebaruan ilmu pendidikan matematika yang berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan sesuai perkembangan dan kebutuhan masyarakat
  4. dan menjalin kerjasama dengan stakeholders dan program doktor pada universitas lain baik di dalam negeri maupun luar negeri

T U J U A N

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat menjadi peneliti professional yang mandiri dalam bidang pendidikan matematika
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan inovasi dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat membimbing penelitian mahasiswa pada semua jenjang pendidikan tinggi bagi yang berkarir menjadi dosen
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memimpin suatu kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan matematika.

P R O F I L L U L U S A N

Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah peneliti profesional, desainer dan inovator pembelajaran, pendidik matematika pada semua level pendidikan didik Matematika di tingkat dasar, menengah, dan tinggi serta manajer penelitian pendidikan matematika yang memiliki kompetensi pengetahuan, sikap dan ketrampilan minimal.

Pengetahuan

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni pendidikan Matematika atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni pendidikan Matematika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset pendidikan Matematika dan pengembangan pendidikan Matematika yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

Sikap

Memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran Matematika

Keterampilan

Menemukan, mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan matematika

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)

1. Sikap

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi

  1. CP-S1: bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan 
sikap religius
  2. CP-S2: menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas 
berdasarkan agama,moral, dan etika
  3. CP-S3: berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, 
berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. CP-S4: berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan 
bangsa
  5. CP-S5: menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan 
kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. CP-S6: bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap 
masyarakat dan lingkungan
  7. CP-S7: taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan 
bernegara
  8. CP-S8: menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. CP-S9: menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang 
keahliannya secara mandiri
  10. CP-S10: menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan 
kewirausahaan

2. Kemampuan Ilmu Pengetahuan

  1. CP-KI1: 
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang matematika dan pendidikan matematika serta praktek profesionalnya melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. CP-KI2:
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang matematika dan pendidikan matematika melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
  3. CP-KI3:
Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  4. CP-KI4:
Mampu memahami isu-isu terkini dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut.
  5. CP-KI5: Mampu memberikan sumbangan yang signifikan untuk pengembangan kajian dalam bidang pendidikan matematika.
  6. CP-KI6:
Mampu menyusun tesis dalam bidang pendidikan matematika berdasarkan kaidah keilmuan yang dapat diakses oleh masyarakat akademik.
  7. CP-KI7:
Mampu menyusun peta-peta jalan riset dalam bidang pendidikan matematika baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama dengan pihak lain melalui pendekatan inter dan multidisipliner.
  8. CP-KI8: 
Mampu melaksanakan riset dalam bidang pendidikan matematika berbasis peta jalan riset baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama dengan pihak lain melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  9. CP-KI9: Mampu mengkomunikasikan hasil riset di bidang pendidikan matematika dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi.
  10. CP-KI10: Mampu mengelola data hasil riset (mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan memperolehnya kembali) untuk keperluan dokumentasi ilmiah serta mampu menerjemahkan hasil riset untuk keperluan pengembangan praktek pendidikan matematika sehari-hari di sekolah, di perguruan tinggi, atau di lembaga pendidikan yang lain.

3. Ketrampilan Umum

Para lulusan Program Doktor Pendidikan Matematika FKIP Unsri memiliki Capaian Pembelajaran (learning outcomes) sebagai berikut :

  1. CP-KU1: mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru dan memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan bidang pendidikan matematika dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
  2. CP-KU2: mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan matematika dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi
  3. CP-KU3: mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
  4. CP-KU4: mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas
  5. CP-KU5: mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat
  6. CP-KU6: mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan ,pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya
  7. CP-KU7: mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya
  8. CP-KU8: mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.

PETA CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

NoBahan KajianMata KuliahCAPAIAN PEMBELAJARANSKS
1.MatematikaFILSAFAT DAN SEJARAH MATEMATIKAKI1, KI23
  PRELIUMKI1, 2KI2, Ki7, KU1, KU4,1
2.Pendidikan MatematikaPENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK LANJUTKI1, KI2, KI43
  KAJIAN JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKAKI4, KI53
3.Penelitian Pendidikan Matematika dan publikasi ilmiahMETODE PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKAK13, K17, KU1, KU3, KU43
  PENYUSUNAN & SEMINAR PROPOSAL DISERTASIKI4, KI7, KU1, KU3, KU43
  PENELITIAN SIKLUS 1,2,3KI8, KI10, KU4, KU72,2,2
  SEMINAR KEMAJUAN PENELITIAN  SIKLUS 1,2,3 (Seminar ke-3 Ievel Internasional)KI3, KI9, KU71,1,1
  PENULISAN DRAFT PUBLIKASI INTERNASIONAL 1,2KI3, KI9, KU22,2
  PUBLIKASI INTERNASIONAL 1,2KI3, KI9, KU23,3
  SEMINAR DISERTASIKI9, KI10, KU2, KU71
  PENULISAN DAN UJIAN DISERTASIKI9, KI10, KU26
 Total  42
     
 4. Matrikulasi *Desain Riset dan Observasi Kelas Matematika 3
  Teaching School Mathematics 3
  Academic Writing in English 3
  Trends Research dalam Pendidikan Matematika 3
 Total  12

*Untuk calon yang bukan dari pendidikan matematika tetapi matematika, statistika dan ilmu komputer

STRUKTUR KURIKULUM

Semester 1
No.KodeNama KuliahSks
1.GIP   7001METODE PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA3
2.GMA 7001PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK LANJUT3
3.GMA 7002KAJIAN JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA3
4.GMA 7003FILSAFAT DAN SEJARAH MATEMATIKA3
JUMLAH SMT 112
Semester 2
No.KodeNama KuliahSks
1.GIP 7004PRELIUM1
2.GIP 7002PENYUSUNAN & SEMINAR PROPOSAL DISERTASI3
3.GIP 7003PENELITIAN SIKLUS 12
JUMLAH SMT 26
Semester 3
No.KodeNama KuliahSks
1.GIP 8001SEMINAR KEMAJUAN PENELITIAN  SIKLUS 11
2.GIP 8002PENELITIAN SIKLUS 22
3.GIP 8003PENULISAN DRAFT PUBLIKASI INTERNASIONAL 12
JUMLAH SMT 35
Semester 4
No.KodeNama KuliahSks
1.GIP 8004SEMINAR KEMAJUAN PENELITIAN  SIKLUS 21
2.GIP 8005PENELITIAN SIKLUS 32
3.GIP 8006PUBLIKASI INTERNASIONAL 13
JUMLAH SMT 46
Semester 5
No.KodeNama KuliahSks
1.GIP 8007SEMINAR INTERNASIONAL1
2.GIP 8008PENULISAN DRAFT PUBLIKASI INTERNASIONAL  22
3GIP 8009SEMINAR DISERTASI1
JUMLAH SMT 54
Semester 6
No.KodeNama KuliahSks
1.GIP 8010PENULISAN DAN UJIAN DISERTASI6
2.GIP 8011PUBLIKASI INTERNASIONAL 23
JUMLAH SMT 69
TOTAL SKS DARI SMT 1 S.D. SMT 642

DESKRIPSI MATA KULIAH

1) Metode Penelitian Pendidikan Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah metode penelitian pada tingkat lanjutan yang akan difokuskan terhadap jenis penelitian: kuantitatif, kualitatif termasuk penelitian pengembangan atau design research. Dalam mata kuliah ini selain dibahas tentang proses penelitian juga bagaimana menulis publikasi hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu melakukan penelitian untuk penyelesaian disertasi mulai dari proses penulisan proposal penelitian, merumuskan masalah, melakukan kajian literatur, melakukan tiga langkah penelitian pengembangan, menguji dan menginterpretasikannya sampai kepada strategi melaporkan dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel dan disertasi yang memenuhi standar mutu yang tinggi.

2) Kajian Pendidikan Matematika Realistik lanjut (3 sks)

Fokus mata kuliah ini adalah melakukan kajian teori pembelajaran PMRI, mendesain lesson pada topik yang menarik, kemudian mengimplementasikannya terhadap siswa di sekolah. Tujuannya mahasiswa dapat belajar mendesain sesuatu yang dapat diterapkan untuk menggiring siswa belajar matematika di sekolah sehingga mereka dapat merasakan alam fikir siswa dan guru di sekolah. Kemudian mereka menulis laporan dan mempresentasikan hasil kerja lapangan mereka dan sharing terhadap mahasiswa S3 lainnya. Selanjutnya mereka menulis paper yang akhirnya akan membantu mereka membuat proposal penelitian disertasi pada semester ke-2. Hal ini sangat penting untuk memupuk kemampuan seorang desainer, peneliti, dan penulis.

3) Kajian Jurnal Pendidikan Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini dengan menggunakan jurnal internasional dan buku yang terbaru membahas teori dan pendekatan pembelajaran yang terbaru. Beberapa teori / model lain yang dibahas seperti PMRI, High-order-thinking skill (HOTS), Open-ended problems, Lesson study, dan kajian kritis tentang tren Matematika dan aplikasinya. Sebagai contoh, filosofi PMRI, prinsip PMRI dan ciri PMRI dalam pembelajaran. Tujuan mata kuliah ini adalah artikel kajian teori atau Literatur review tentang topik yang dipilih terkait dengan proposal penelitian disertasi.

4) Filsafat dan Sejarah Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini fokus pada topik topik penting matematika beserta aplikasinya. Pembahasan perkuliahan menggunakan metode problem-based learning atau project-based learning. Metode belajarnya menggunakan Peer Instruction dimana mahasiswa secara mandiri memilih topik matematika, studi literatur, buat presentasi, diskusi dengan teman serta terakhir menulis paper. Topik matematika ditinjau dari sudut pandang filosofi dan sejarah konsepnya ketika ditemukan oleh para pakar matematika. Sebagai contoh, proses penemuan topik tersebut digunakan untuk mendesain bahan untuk belajar siswa menggunakan prinsip guided reinvention through mathematization dimana siswa yang belajar topik tersebut digiring untuk menemukan kembali konsep seperti waktu pakar matematika menemukannya dulu.

5) Prelium (1 sks)

Mata kuliah Prelium sering juga disebut dengan ujian komprehensif. Dilaksanakan pada awal semester 2 dengan mata uji semua mata kuliah yang mereka ambil dan telah lulus pada semester 1. Pelaksanaan ujian secara tertulis dengan fokus kepada level berfikir tingkat tinggi seperti aplikasi, analisis, evaluasi dan kreativitas. Dengan lulus pada mata kuliah ini, mahasiswa calon doktor dapat mulai melakukan penelitian dan menyusun proposal.

6) Penyusunan dan Seminar Proposal Disertasi (3 sks)

Mata kuliah ini berisi kegiatan menulis proposal disertasi dan menyajikannya dalam seminar proposal di depan tim promotor dan co-promotor baik dari Unsri (maupun dari Utrecht University yang sudah menyatakan bersedia untuk hadir dalam rangka menjaring calon mahasiswa yang akan masuk kategori kerjasama dengan Utrecht university). Dalam proses penulisan proposal, mahasiswa sudah mulai dibimbing oleh promotor dan co-promotor, mulai menentukan topik penelitian, mengkaji teori dan mereview hasil-hasil penelitian sebelumnya, menulis proposal, dan menyajikan proposal dalam seminar proposal disertasi.

7) Penelitian Siklus 1, 2 dan 3 (masing-masing 2 sks)

Mata kuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menyajikan makalah dalam seminar nasional dan internasional berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengikuti seminar, mahasiswa harus mampu menulis makalah ilmiah sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh penyelenggara seminar, baik nasional maupun internasional. Makalah yang disajikan dalam seminar harus berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan topik disertasi yang diajukan dalam proposal disertasi. Dengan menyajikan makalah pada baik tingkat internal, tingkat nasional dan internasional berarti mahasiswa tersebut telah mendapat pengakuan akan penelitian yang dilakukannya oleh pakar yang memiliki bidang kajian yang sama.

8) Disertasi (total 13 sks)

Mata kuliah ini dapat dikatakan sebagai puncak dari kegiatan akademik seorang calon doktor. Disertasi dikerjakan secara informal dari semester 1 ketika mahasiswa diterima sebagai mahasiswa kemudian mengikuti mata kuliah metode penelitian. Namun proposal disertasi disusun pada semester 2. Karena jumlah sks yang besar, mata kuliah ini dipecah-pecah menjadi beberapa kegiatan dengan beban sks tertentu:

  1. Penelitian siklus 1 (2 sks)
  2. Penelitian siklus 2 (2 sks)
  3. Penelitian siklus 3 (2 sks)
  4. Seminar disertasi (1 sks)
  5. Penulisan dan Ujian Disertasi (6 sks)

9). Publikasi Ilmiah (total 10 sks)

Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa memublikasikan dua karya ilmiah (artikel ilmiah) dalam jurnal nasional terakreditasi dan dalam jurnal ilmah internasional. Mahasiswa dianggap lulus bila artikel yang bersangkutan telah terbit secara fisik atau elektronik dalam jurnal yang ditentukan.

  1. Penulisan draft publikasi Internasional 1 (jurnal internasional / prosiding seminar internasional) (2 sks)
  2. Publikaai Internasional 1 (3 sks)
  3. Penulisan draft publikasi Internasional 2 (jurnal internasional bereputasi) (2 sks)
  4. Publikasi Internasional 2 (3 sks)

RANCANGAN KURIKULUM MATRIKULASI (12 SKS)

Rancangan kurikulum matrikulasi ini dibuat untuk mahasiswa S3 pendidikan matematika yang berasal dari program magister yang bukan berasal dari pendidikan matematika. Misalnya dari prodi matematika murni, statistic murni dan ilmu komputer, mereka diwajibkan mengambil matrikulasi. Sedangkan untuk Academic Writing boleh tidak diikuti oleh mahasiswa calon doktor jika mereka sudah mempunyai nilai TOEFL lebih dari 550 atau IELST lebih dari 6.5. Dalam perkembangannya 5 s.d. 10 tahun yang akan datang, kurikulum matrikulasi ini akan digunakan untuk calon mahasiswa yang mempunyai gelar Magister Pendidikan Sains.

Mata kuliah KeahlianSenilai SksCalon  Doktor
Desain Riset dan Observasi Kelas Matematika3 sksSelain pendidikan matematika
Teaching School Mathematics3 sksSelain pendidikan matematika
Academic Writing in English3 sksSemua magister
Trends Research dalam Pendidikan Matematika3 sksSelain pendidikan matematika
Jumlah12  sks 

Demos

Color Skin

Header Style

Layout

Wide
Boxed