Gelar : Doktor (DR)
Ketua Program Studi : Prof. Zulkardi, Mi.kom., M.Sc.
Sk Menristek Dikti No.121/KPT/I/2016
SK Rektor Unsri No.192/UN9/DT.Kep/2016
Download : Leaflet
KURIKULUM PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN MATEMATIKAFKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016
V I S I
Unggul di level nasional dan mampu berkompetisi secara internasional dalam penelitian bidang pendidikan matematika tahun 2025.
M I S I
Misi Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:
- menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam Pendidikan Matematika untuk menghasilkan lulusan yang mampu berfikir kritis untuk memecahkan masalah dalam pendidikan matematika
- menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam rangka menemukan konsep/teori baru bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan temuannya pada konferensi nasional/internasional dan jurnal nasional terakreditasi atau internasional bereputasi
- menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif sebagai bentuk diseminasi pengembangan dan kebaruan ilmu pendidikan matematika yang berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan sesuai perkembangan dan kebutuhan masyarakat
- dan menjalin kerjasama dengan stakeholders dan program doktor pada universitas lain baik di dalam negeri maupun luar negeri
T U J U A N
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang dapat menjadi peneliti professional yang mandiri dalam bidang pendidikan matematika
- Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan inovasi dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika
- Menghasilkan lulusan yang dapat membimbing penelitian mahasiswa pada semua jenjang pendidikan tinggi bagi yang berkarir menjadi dosen
- Menghasilkan lulusan yang mampu memimpin suatu kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan matematika.
P R O F I L L U L U S A N
Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah peneliti profesional, desainer dan inovator pembelajaran, pendidik matematika pada semua level pendidikan didik Matematika di tingkat dasar, menengah, dan tinggi serta manajer penelitian pendidikan matematika yang memiliki kompetensi pengetahuan, sikap dan ketrampilan minimal.
Pengetahuan
- Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni pendidikan Matematika atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni pendidikan Matematika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mampu mengelola riset pendidikan Matematika dan pengembangan pendidikan Matematika yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
Sikap
Memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran Matematika
Keterampilan
Menemukan, mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan matematika
CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)
1. Sikap
Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi
- CP-S1: bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- CP-S2: menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
- CP-S3: berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- CP-S4: berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- CP-S5: menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- CP-S6: bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- CP-S7: taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- CP-S8: menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- CP-S9: menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- CP-S10: menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Kemampuan Ilmu Pengetahuan
- CP-KI1: Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang matematika dan pendidikan matematika serta praktek profesionalnya melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- CP-KI2: Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang matematika dan pendidikan matematika melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
- CP-KI3: Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
- CP-KI4: Mampu memahami isu-isu terkini dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut.
- CP-KI5: Mampu memberikan sumbangan yang signifikan untuk pengembangan kajian dalam bidang pendidikan matematika.
- CP-KI6: Mampu menyusun tesis dalam bidang pendidikan matematika berdasarkan kaidah keilmuan yang dapat diakses oleh masyarakat akademik.
- CP-KI7: Mampu menyusun peta-peta jalan riset dalam bidang pendidikan matematika baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama dengan pihak lain melalui pendekatan inter dan multidisipliner.
- CP-KI8: Mampu melaksanakan riset dalam bidang pendidikan matematika berbasis peta jalan riset baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama dengan pihak lain melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- CP-KI9: Mampu mengkomunikasikan hasil riset di bidang pendidikan matematika dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi.
- CP-KI10: Mampu mengelola data hasil riset (mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan memperolehnya kembali) untuk keperluan dokumentasi ilmiah serta mampu menerjemahkan hasil riset untuk keperluan pengembangan praktek pendidikan matematika sehari-hari di sekolah, di perguruan tinggi, atau di lembaga pendidikan yang lain.
3. Ketrampilan Umum
Para lulusan Program Doktor Pendidikan Matematika FKIP Unsri memiliki Capaian Pembelajaran (learning outcomes) sebagai berikut :
- CP-KU1: mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru dan memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan bidang pendidikan matematika dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
- CP-KU2: mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan matematika dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi
- CP-KU3: mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
- CP-KU4: mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas
- CP-KU5: mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat
- CP-KU6: mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan ,pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya
- CP-KU7: mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya
- CP-KU8: mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.
PETA CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI
No | Bahan Kajian | Mata Kuliah | CAPAIAN PEMBELAJARAN | SKS |
1. | Matematika | FILSAFAT DAN SEJARAH MATEMATIKA | KI1, KI2 | 3 |
PRELIUM | KI1, 2KI2, Ki7, KU1, KU4, | 1 | ||
2. | Pendidikan Matematika | PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK LANJUT | KI1, KI2, KI4 | 3 |
KAJIAN JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA | KI4, KI5 | 3 | ||
3. | Penelitian Pendidikan Matematika dan publikasi ilmiah | METODE PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA | K13, K17, KU1, KU3, KU4 | 3 |
PENYUSUNAN & SEMINAR PROPOSAL DISERTASI | KI4, KI7, KU1, KU3, KU4 | 3 | ||
PENELITIAN SIKLUS 1,2,3 | KI8, KI10, KU4, KU7 | 2,2,2 | ||
SEMINAR KEMAJUAN PENELITIAN SIKLUS 1,2,3 (Seminar ke-3 Ievel Internasional) | KI3, KI9, KU7 | 1,1,1 | ||
PENULISAN DRAFT PUBLIKASI INTERNASIONAL 1,2 | KI3, KI9, KU2 | 2,2 | ||
PUBLIKASI INTERNASIONAL 1,2 | KI3, KI9, KU2 | 3,3 | ||
SEMINAR DISERTASI | KI9, KI10, KU2, KU7 | 1 | ||
PENULISAN DAN UJIAN DISERTASI | KI9, KI10, KU2 | 6 | ||
Total | 42 | |||
4. | Matrikulasi * | Desain Riset dan Observasi Kelas Matematika | 3 | |
Teaching School Mathematics | 3 | |||
Academic Writing in English | 3 | |||
Trends Research dalam Pendidikan Matematika | 3 | |||
Total | 12 |
*Untuk calon yang bukan dari pendidikan matematika tetapi matematika, statistika dan ilmu komputer
STRUKTUR KURIKULUM
Semester 1 | |||
No. | Kode | Nama Kuliah | Sks |
1. | GIP 7001 | METODE PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA | 3 |
2. | GMA 7001 | PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK LANJUT | 3 |
3. | GMA 7002 | KAJIAN JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA | 3 |
4. | GMA 7003 | FILSAFAT DAN SEJARAH MATEMATIKA | 3 |
JUMLAH SMT 1 | 12 | ||
Semester 2 | |||
No. | Kode | Nama Kuliah | Sks |
1. | GIP 7004 | PRELIUM | 1 |
2. | GIP 7002 | PENYUSUNAN & SEMINAR PROPOSAL DISERTASI | 3 |
3. | GIP 7003 | PENELITIAN SIKLUS 1 | 2 |
JUMLAH SMT 2 | 6 | ||
Semester 3 | |||
No. | Kode | Nama Kuliah | Sks |
1. | GIP 8001 | SEMINAR KEMAJUAN PENELITIAN SIKLUS 1 | 1 |
2. | GIP 8002 | PENELITIAN SIKLUS 2 | 2 |
3. | GIP 8003 | PENULISAN DRAFT PUBLIKASI INTERNASIONAL 1 | 2 |
JUMLAH SMT 3 | 5 | ||
Semester 4 | |||
No. | Kode | Nama Kuliah | Sks |
1. | GIP 8004 | SEMINAR KEMAJUAN PENELITIAN SIKLUS 2 | 1 |
2. | GIP 8005 | PENELITIAN SIKLUS 3 | 2 |
3. | GIP 8006 | PUBLIKASI INTERNASIONAL 1 | 3 |
JUMLAH SMT 4 | 6 |
Semester 5 | |||
No. | Kode | Nama Kuliah | Sks |
1. | GIP 8007 | SEMINAR INTERNASIONAL | 1 |
2. | GIP 8008 | PENULISAN DRAFT PUBLIKASI INTERNASIONAL 2 | 2 |
3 | GIP 8009 | SEMINAR DISERTASI | 1 |
JUMLAH SMT 5 | 4 | ||
Semester 6 | |||
No. | Kode | Nama Kuliah | Sks |
1. | GIP 8010 | PENULISAN DAN UJIAN DISERTASI | 6 |
2. | GIP 8011 | PUBLIKASI INTERNASIONAL 2 | 3 |
JUMLAH SMT 6 | 9 | ||
TOTAL SKS DARI SMT 1 S.D. SMT 6 | 42 |
DESKRIPSI MATA KULIAH
1) Metode Penelitian Pendidikan Matematika (3 sks)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah metode penelitian pada tingkat lanjutan yang akan difokuskan terhadap jenis penelitian: kuantitatif, kualitatif termasuk penelitian pengembangan atau design research. Dalam mata kuliah ini selain dibahas tentang proses penelitian juga bagaimana menulis publikasi hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu melakukan penelitian untuk penyelesaian disertasi mulai dari proses penulisan proposal penelitian, merumuskan masalah, melakukan kajian literatur, melakukan tiga langkah penelitian pengembangan, menguji dan menginterpretasikannya sampai kepada strategi melaporkan dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel dan disertasi yang memenuhi standar mutu yang tinggi.
2) Kajian Pendidikan Matematika Realistik lanjut (3 sks)
Fokus mata kuliah ini adalah melakukan kajian teori pembelajaran PMRI, mendesain lesson pada topik yang menarik, kemudian mengimplementasikannya terhadap siswa di sekolah. Tujuannya mahasiswa dapat belajar mendesain sesuatu yang dapat diterapkan untuk menggiring siswa belajar matematika di sekolah sehingga mereka dapat merasakan alam fikir siswa dan guru di sekolah. Kemudian mereka menulis laporan dan mempresentasikan hasil kerja lapangan mereka dan sharing terhadap mahasiswa S3 lainnya. Selanjutnya mereka menulis paper yang akhirnya akan membantu mereka membuat proposal penelitian disertasi pada semester ke-2. Hal ini sangat penting untuk memupuk kemampuan seorang desainer, peneliti, dan penulis.
3) Kajian Jurnal Pendidikan Matematika (3 sks)
Mata kuliah ini dengan menggunakan jurnal internasional dan buku yang terbaru membahas teori dan pendekatan pembelajaran yang terbaru. Beberapa teori / model lain yang dibahas seperti PMRI, High-order-thinking skill (HOTS), Open-ended problems, Lesson study, dan kajian kritis tentang tren Matematika dan aplikasinya. Sebagai contoh, filosofi PMRI, prinsip PMRI dan ciri PMRI dalam pembelajaran. Tujuan mata kuliah ini adalah artikel kajian teori atau Literatur review tentang topik yang dipilih terkait dengan proposal penelitian disertasi.
4) Filsafat dan Sejarah Matematika (3 sks)
Mata kuliah ini fokus pada topik topik penting matematika beserta aplikasinya. Pembahasan perkuliahan menggunakan metode problem-based learning atau project-based learning. Metode belajarnya menggunakan Peer Instruction dimana mahasiswa secara mandiri memilih topik matematika, studi literatur, buat presentasi, diskusi dengan teman serta terakhir menulis paper. Topik matematika ditinjau dari sudut pandang filosofi dan sejarah konsepnya ketika ditemukan oleh para pakar matematika. Sebagai contoh, proses penemuan topik tersebut digunakan untuk mendesain bahan untuk belajar siswa menggunakan prinsip guided reinvention through mathematization dimana siswa yang belajar topik tersebut digiring untuk menemukan kembali konsep seperti waktu pakar matematika menemukannya dulu.
5) Prelium (1 sks)
Mata kuliah Prelium sering juga disebut dengan ujian komprehensif. Dilaksanakan pada awal semester 2 dengan mata uji semua mata kuliah yang mereka ambil dan telah lulus pada semester 1. Pelaksanaan ujian secara tertulis dengan fokus kepada level berfikir tingkat tinggi seperti aplikasi, analisis, evaluasi dan kreativitas. Dengan lulus pada mata kuliah ini, mahasiswa calon doktor dapat mulai melakukan penelitian dan menyusun proposal.
6) Penyusunan dan Seminar Proposal Disertasi (3 sks)
Mata kuliah ini berisi kegiatan menulis proposal disertasi dan menyajikannya dalam seminar proposal di depan tim promotor dan co-promotor baik dari Unsri (maupun dari Utrecht University yang sudah menyatakan bersedia untuk hadir dalam rangka menjaring calon mahasiswa yang akan masuk kategori kerjasama dengan Utrecht university). Dalam proses penulisan proposal, mahasiswa sudah mulai dibimbing oleh promotor dan co-promotor, mulai menentukan topik penelitian, mengkaji teori dan mereview hasil-hasil penelitian sebelumnya, menulis proposal, dan menyajikan proposal dalam seminar proposal disertasi.
7) Penelitian Siklus 1, 2 dan 3 (masing-masing 2 sks)
Mata kuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menyajikan makalah dalam seminar nasional dan internasional berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengikuti seminar, mahasiswa harus mampu menulis makalah ilmiah sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh penyelenggara seminar, baik nasional maupun internasional. Makalah yang disajikan dalam seminar harus berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan topik disertasi yang diajukan dalam proposal disertasi. Dengan menyajikan makalah pada baik tingkat internal, tingkat nasional dan internasional berarti mahasiswa tersebut telah mendapat pengakuan akan penelitian yang dilakukannya oleh pakar yang memiliki bidang kajian yang sama.
8) Disertasi (total 13 sks)
Mata kuliah ini dapat dikatakan sebagai puncak dari kegiatan akademik seorang calon doktor. Disertasi dikerjakan secara informal dari semester 1 ketika mahasiswa diterima sebagai mahasiswa kemudian mengikuti mata kuliah metode penelitian. Namun proposal disertasi disusun pada semester 2. Karena jumlah sks yang besar, mata kuliah ini dipecah-pecah menjadi beberapa kegiatan dengan beban sks tertentu:
- Penelitian siklus 1 (2 sks)
- Penelitian siklus 2 (2 sks)
- Penelitian siklus 3 (2 sks)
- Seminar disertasi (1 sks)
- Penulisan dan Ujian Disertasi (6 sks)
9). Publikasi Ilmiah (total 10 sks)
Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa memublikasikan dua karya ilmiah (artikel ilmiah) dalam jurnal nasional terakreditasi dan dalam jurnal ilmah internasional. Mahasiswa dianggap lulus bila artikel yang bersangkutan telah terbit secara fisik atau elektronik dalam jurnal yang ditentukan.
- Penulisan draft publikasi Internasional 1 (jurnal internasional / prosiding seminar internasional) (2 sks)
- Publikaai Internasional 1 (3 sks)
- Penulisan draft publikasi Internasional 2 (jurnal internasional bereputasi) (2 sks)
- Publikasi Internasional 2 (3 sks)
RANCANGAN KURIKULUM MATRIKULASI (12 SKS)
Rancangan kurikulum matrikulasi ini dibuat untuk mahasiswa S3 pendidikan matematika yang berasal dari program magister yang bukan berasal dari pendidikan matematika. Misalnya dari prodi matematika murni, statistic murni dan ilmu komputer, mereka diwajibkan mengambil matrikulasi. Sedangkan untuk Academic Writing boleh tidak diikuti oleh mahasiswa calon doktor jika mereka sudah mempunyai nilai TOEFL lebih dari 550 atau IELST lebih dari 6.5. Dalam perkembangannya 5 s.d. 10 tahun yang akan datang, kurikulum matrikulasi ini akan digunakan untuk calon mahasiswa yang mempunyai gelar Magister Pendidikan Sains.
Mata kuliah Keahlian | Senilai Sks | Calon Doktor |
Desain Riset dan Observasi Kelas Matematika | 3 sks | Selain pendidikan matematika |
Teaching School Mathematics | 3 sks | Selain pendidikan matematika |
Academic Writing in English | 3 sks | Semua magister |
Trends Research dalam Pendidikan Matematika | 3 sks | Selain pendidikan matematika |
Jumlah | 12 sks |