Gelar :
– Magister Sains (M.Si.)
MAGISTER (S2) ILMU MANAJEMEN
Izin Penyelenggaraan Dikti
No. 227/D/O/2010
Akreditasi B
SK BAN-PT terakreditasi B
SK No. 276/SK/BAN-PT Akred/M/VII/2014
Website :ppsmagisterimfeunsri.com
Email : s2im.feunsri@gmail.com
Gelar : Magister Sains (M.Si.)
Ketua Program Studi :
Dr. Yuliani., SE.,MM
Staf Pengajar :
Kualifikasi Pendidikan Doktor :
- Dr. Badia Perizade, M.B.A.
- Dr. Diah Natalisa, M.B.A.
- Syamsurijal AK, Ph.D.
- Dr. Sulastri, M.E., M.Kom.
- Dr. Taufiq, M.Si.
- Dr. Mohamad Adam., SE., ME
- Agustina Hanafi, MBA
- Zakaria Wahab, MBA
- Isnurhadi, MBA., Ph.D.
- Bambang Bemby Soebyakto, MA.,Ph.D
- Hj. Zunaidah., SE., M.Si
- Suhel., SE., M.Si
- Hj. Sa’adah Yuliana., SE., M.Si
- Azwardi., SE.,M.Si
- Marlina Widiyanti,SE.,SH.,MM.,Ph.D
- Yuliani, SE, MM
- Isni Andrian., SE., M.Fin., Ph.D
- Anna Yulianita., SE., M.Si
- Kms. Muhammad Thamrin., SE.,MM
- Muchsin Saggaf Shihab., MBA., Ph.D
- Muhammad Yusuf., SE., M.Si., Ph.D
VISI DAN MISIPROGRAM STUDI MAGISTER ILMU MANAJEMEN (S2) |
Visi
“Sebagai Wadah untuk menghasilkan tenaga professional di bidang manajemen dan bisnis, berbasis keilmuan yang kuat, jiwa kewirausahaan dan kemampuan memanfaatkan kemajuan iptek dengan dilandasi oleh nilai-nilai etika dan moral yang tinggi menjadi insane berkualitas, ilmiah dan imani sesuai dengan tuntutan era revolusi industry 4.0 dan berdaya saing global 2025”.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualifikasi Magister Sains yang berkualitas ilmiah dan imani berdaya saing di era revolusi Indusrtri 4.0
- Menghasilkan kerjasama Internasional dalambidang riset, pendidikan, pengabdian di Bidang Ilmu Manajemen
- Melaksanakan penelitian yang inovatif untuk pengembangan Ilmu Manajemen yang profesional.
KURIKULUM DAN SINOPSIS MATA KULIAHPROGRAM S2 PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU MANAJEMENFAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA |
Semester | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
I | EKO 50115 | Ekonomi Mikro | 3 |
EKM 50115 | Analisis Kuantitatif Untuk Bisnis | 3 | |
EKM 50215 | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 | |
EKM 50315 | Manajemen Pemasaran | 3 | |
Jumlah SKS Semester I | 12 | ||
II | EKO 50215 | Ekonomi Makro | 3 |
EKO 50315 | Metodologi Penelitian | 3 | |
EKM 50415 | Manajemen Keuangan | 3 | |
EKM 60115 | Statistika | 3 | |
Jumlah SKS Semester II | 12 | ||
III | EKM 60215 | Manajemen Stratejik | 3 |
Mata Kuliah konsentrasi I | 3 | ||
Mata Kuliah konsentrasi II | 3 | ||
Mata Kuliah konsentrasi III | 3 | ||
Jumlah SKS Semester III | 12 | ||
IV | PEK 69715 | Proposal Tesis | 1 |
PEK 69915 | Tesis | 6 | |
Jumlah SKS Semeter IV | 7 | ||
Jumlah Total SKS | 43 |
Mata Kuliah Bidang Kajian Utama (BKU) Manajemen :
NO. | BKU | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | Manajemen SDM | EKM 60315 | Perilaku Keorganisasian | 3 |
EKM 60415 | Pengembangan Keorganisasian | 3 | ||
EKM 60915 | Management Total Quality | 3 | ||
2 | Manajemen Pemasaran | EKM 60515 | Pemasaran Jasa | 3 |
EKM 60615 | Perilaku Konsumen | 3 | ||
EKM 61015 | Brand Management | 3 | ||
3 | Manajemen Keuangan | EKM 60715 | Manajemen Keuangan Global | 3 |
EKM 60815 | Manajemen Portofolio | 3 | ||
EKM 61115 | Manajemen Pasar Modal | 3 |
Sinopsis Mata Kuliah
Program Studi Magister Ilmu Manajemen (S2)
EKO 50115 Ekononli Mikro 3 SKS
Target utama dalam kuliah ini adalah menjelaskan dasar-dasar dan topik-topikyang berhubungan dengan teori mikro yang sudah mapan (traditional models), sertaperkembangan terakhir (intermediate models) dengan alat analisis yang sederhana,yaitu kalkulus dan aljabar linier. Pembahasan diarahkan pada pendalaman analisispilihan konsumen, teori perusahaan, struktur pasar, penetapan harga produk danfactor produksi dalam berbagai struktur pasar game theory, perkembangan teori ekonomimikro dan welfare economics.
EKO 50215 Ekonomi Makro 3 SKS
Mata kuliah ini diarahkan untuk mempelajari perkembangan baru dalam teoriekonomi makro. Penekanan kepada penggunaan model-model ekonomi denganmenggunakan pendekatan matematika ekonomi dalam mempelajari berbagaipermasalahan ekonomi makro. Topik yang dibahas antara lain: model ekonomikonsumsi, pasar barang, uang, pasar tenaga kerja dan pertumbuhan.
EKO 50315 Metodologi Penelitian 3 SKS
Mata kuliah memberikan pengertian dan pemahaman mengenai konsep dasar,langkah-langkah metode ilmiah, dan aplikasi metodologi penelitian ilmu ekonomi dalamkegiatan penelitian. Materi kuliah mencakup: proses menemukan fenomena yangMelatarbelakangi perumusan masalah, tujuan, dan kegunaan penelitian; fungsi teoridan hipotesis dalam penelitian; operasionalisasi variabel penelitian, penentuanindikator dan pengukurannya; rancangan pengambilan sampel dan pengumpulan data;pengolahan, interpretasi dan analisis data sebagai bahan untuk penulisan laporan hasilpenelitian, penyimpulan dan rekomendasi. Mahasiswa diharapkan mulai merencanakanpenyusunan proposal penelitian untuk tesisnya pada waktu mengambil kuliah ini, dandapat selesai pada waktu kuliah berakhir.
EKM 50115 Analisis Kuantitatif Untuk Bisnis 3 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang metode dalampengambilan keputusan berdasarkan angka-angka. Tujuan dari mata kuliah ini adalahmembekali mahasiswa dengan seperangkat metode kuantitatif dalam menganalisisberbagai persoalan yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan pada khususnyadan kegiatan ekonomi pada umumnya, dengan menggunakan berbagai teori yangsifatnya kuantitatif seperti: Teori Matematika Ekonomi, Teori Statistika, dan TeoriProgram Linear. Diharapkan dengan mendapatkan mata kuliah ini mahasiswa akanmampu memahami, memformulasi dan mengaplikasikan berbagai metode tersebutdalam menganalisis kejadian-kejadian empiris.
EKM 50215 Manajemen Sumber Daya Manusia 3 SKS
Menjajaki berbagai teori serta praktek administrasi personalia dengan merujuk terutama pada pendekatan diagnosis, mengaitkan dengan kondisi eksternal.Penetapan sasaran dan upaya-upaya yang diperlukan unuk mencapai sasaran sumber daya manusia dengan pembahasan fungsional operative manajemen sumber daya manusia pada masalah rekruitmen, retensi, system insentif dan perencanaan serta pengembangan sumber daya manusia.
EKM 50315 Manajemen Pemasaran 3 SKS
Strategi pemasaran meliputi perencanaan produk, penetapan harga, saluran distribusi dan penelitian pasar, system distribusi, meliputi struktur dan pelaksanaan distribusi; manajemen penjualan, meliputi organisasi penjualan, strategi personal selling, seni menjual, analisis konsumen dan penelitian pasar, mencakup metode penelitian pasar dan penggunaan hasil penelitian pasar; pembelian, meliputi perencanaan dan proses pembelian; studi kasus.
EKM 50415 Manajemen Keuangan 3 SKS
Membahasa konsep dan kontroversi dari baiaya modal, penetuan struktur modal, dividend an nilai perusahaan, permintaan perusahaan bagi alokasi modal dan pasar modal.
EKM 60115 Statistika 3 SKS
Mata Kuliah ini memebrikan kepada para mahasiswa pengetahuan dan keterampilan membaca dan mengaplikasikan statistic deskriptif, inferensial, dan multivariate; baik yang bersifat linear maupun non-linear dalam pengelohan dan analisis data.
EKM 60215 Manajemen Strategik 3 SKS
Setiap perubahan atau organisasi memerlukan arahan dasar yang menyeluruh dalam kehidupan perusahaan.Arahan dasar ini harus dirumuskan dan dilaksanakan sebagai pedoman. Arahan dasar ini selanjutnya akan menjadi pengikat semua kegiatan perusahaan. Perumusan dan pelaksanaan arahan dasar ini dibahas dalam mata kuliah manajemen strategic.Pembahasan mencakup analisis terhadap faktor-faktor eksternal dan insternal yang memepengaruhi perumusan, implimentasi stategi perusahaan atau organisasi. Selanjutnya, dibahas proses monitoring dan evaluasi strategi.
EKM 60315 Perilaku Keorganisasian 3 SKS
Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai perilaku keorganisasian sehingga mahasiswa diharapkan dapat mempunyai kemampuan analisis tentang perilaku individu, kelompok dan sistem organisasi. Pokok bahasan mata kuliah ini adalah konsept perilaku keorganisasian; perilaku individu yang meliputi persepsi dan pengambilan keputusan, niali, sikap, kepuasan kerja, motivasi dan penerapannya; perilaku kelompok yang meliputi dasar-dasar perilaku kelompok, tim kerja, kominikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik, negosiasi dan perilaku antar kelompok tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, kekuasaan dan politik, konflik negosiasi dan perilaku antar kelompok, system organisasi yang meliputi struktur organisasi, teknologi job design; stress dan budaya organisasi serta dinamika organisasi.
EKM 60415 Pengembangan Keorganisasian 3 SKS
Mata kuliah ini menjelaskan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang harus diketahui untuk menjadi seorang yang akan berperan sebagai praktisi dalam bidang pengembangan prganisasional. Dalam mata kuliah ini, secara rinci akan dibahas skill yang harus dimiliki dalam pengembangan organisasional. Materi mencakup antara lain : pendekatan untuk mengembangkan suatu collaborative organization, langkah-langkah yang diperlukan dalam penandatanganan (Scouting, entry and contracting), berbicara dengan klien, pengumpul data, pengembangan kelompok yang berorientasi pada kosensus dan pengembangan hubungan kolegial.
EKM 60515 Pemasaran Jasa 3 SKS
Mata Kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan manajemen di bidang pemasaran jasa seperti : bisnis perbankan, asuransi, dan property hingga diharapkan para mahasiswa mempunyai kemampuan dalam memahami proses dan fungsi manajemen bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini adalah : pengertian pemasaran jasa. Sistem pemasaran jasa, Perilaku konsumen jasa, Strategi komunikasi.Sistem penyampaian jasa dan strategi komunikasi.Sistem penyampaian jasa dan strategi peningkatan kualitas jasa.
EKM 60615 Perilaku Konsumen 3 SKS
Mata kuliah ini diharapkan dapat membekali mahasiswa mengenai konsep perilaku konsumen dalam konteks pemasaran. Mendiskusikan masalah-masalah (issues) secara luas yang berkenaan dengan perilaku konsumen, ditinjau dari adanya perubahan dalam lingkungan pemasaran.Selain itu mahasiswa juga diberikan current issues dengan contoh-contoh kasus yang ada di Indonesia. Membahas teknik-teknik dalam meneliti perilaku konsumen yang ditinjau dari berbagai aspek.Untuk menelaah implikasi marketing mix seperti produk, harga, distribusi dan komunikas pemasaran yang dapat mempengaruhi perilaku beli konsumen.
EKM 60715 MANAJEMEN KEUANGAN GLOBAL 3 SKS
Membahas mengenai masalah-masalah manajemen resiko.Pertukaran mata uang asing dalam pendanaan impor-ekspor.Juga dibahas mengenai keputusan-keputusan investasi asing jangka panjang.Evaluasi terhadap investasi asing, termasuk mengenai pelaksanaannya dan pengawasannya.
EKM 60815 MANAJEMEN PORTOFOLIO 3 SKS
Menjelaskan konsep-konsep mengenai pemebentukan portofolio yang optimal dari berbagai instrument investasi yang tersedia pada pasar uang dan pasar modal.Pada mata kuliah ini diberikan wawasana mengenai teori-teori investasi.
EKM 60915 TOTAL QUALITY MANAGEMENT 3 SKS
Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa sebagai salah satu pendekatan dalam menjalankan ususlan agar memiliki daya saing guna memperbaiki secara terus menerus terhadap kwalitas produk, jasa, manusia dan proses
EKM 61015 BRAND MANAGEMENT 3 SKS
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa bagaimana mengelola merk secara efesien pada kondisi pasar global saat ini sehingga tercapai daya saing.
EKM 61115 MANAJEMEN PASAR MODAL 3 SKS
Mata kuliah ini bertujuan memberikan konsep-konsep pengelolaan pasar modal perusahaan yang dapat digunakan didalam proses penentuan kebijaksanaan modal kerja dalam kegiatan bisnis yang meliputi perencanaan, penggunaan dan alokasi, serta pengendalian modal kerja secara efektif dan efisien dengan tujuan memaksimalkan laba perusahaan dalam jangka panjang.
EKO 69715 PROPOSAL TESIS 3 SKS
Proposal tesis merupakan rencana penelitian dan penulisan tesis yang wajib dikerjakan oleh seluruh mahasiswa PSIM.Penyusunan proposal tesis di bawah bimbingan dan pengarahan dosen pembimbing dan dapat dilakukan segera setelah dikeluarkannya SK pembimbing oleh PPS Unsri.Mahasiswa PSIM diwaijibkan untuk melakukan ujian proposal tesis selambat-lambatnya pada akhir semester V. Ujian proposal tesis diselenggarakan oleh Program Studi dan dapat dilaksanakan setelah disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program Studi.Ujian proposal tesis dilaksanakan secara terbuka dan dapat dihadiri oleh umum.Mahasiswa wajib untuk melakukan ujian proposal kembali jika gagal dalam ujian sebelumnya setelah melakukan perbaikan dan disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program studi.
EKO 69915 TESIS 3 SKS
Tesismerupakan karya akhir mahasiswa dan wajib dikerjakan oleh seluruh mahasiswa PSIM. Setelah lulus ujian proposal dan membuat matrik perbaikan yang disepakati oleh pembimbing dan tim penguji, maka mahasiswa diizinkan untuk melakukan penelitian. Mahasiswa PSIM diwajibkan untuk melakukan ujian tesis selambat-lambatnya pada semester VIII (Delapan).Ujian tesis diselenggarakan oleh Program Studi dan dapat dilaksanakan setelah disetujui oleh pembimbing dan Ketua Program Studi.Ujian tesis dapat dilaksanakan secara terbuka dan dihadiri oleh umum.Mahasiswa wajib untuk melakukan ujian tesis kembali jika gagal dalam ujian tesis sebelumnya setelah disetujui oleh pembimbing dan ketua program studi.
Untuk Informasi Lebih Lanjut :
Gedung Pasca Ekonomi
Jl. Sri Jaya Negara – Bukit Besar
Palembang 30139
Telp . 0711-370085
Website Pendaftaran Magister Ilmu Manajemen
www. usm.unsri.ac.id
Website :ppsmagisterimfeunsri.com
Email : s2im.feunsri@gmail.com